Jumat, 02 Juni 2017

Kelinci Hias Peliharaand serta pedaging di Dunia

Kelinci Hias Peliharaan Serta Pedaging di Dunia - beberapa jenis kelinci yang paling banyak dipelihara oleh penggemar kelinci didunia, dari mulai kelinci mini sampai kelinci yang mempunyai bobot paling besar.

Kelinci New Zealand White 


Walau type kelinci ini bernama New Zealand White tetapi sesungguhnya bukanlah datang dari New Zealand tetapi dari Amerika. Type kelinci ini adalah hasil persilangan Flemish Giant dengan bobot meraih 5, 5 kg serta dapat bertahan hidup sampai 10 th. bila dipelihara dengan benar, kelinci ini banyak juga jadikan kelinci potong untuk sebagian orang yang suka pada daging kelinci.

Untuk sekali kelahiran umumnya type kelinci New Zealand White dapat melahirkan anak 10-12 ekor. Type kelinci ini mempunyai ciri khas bulu putih albino serta mata berwarna merah seperti kelinci lokal (kelinci Jawa).

Angora 


Type kelinci ini tampak demikian indah dengan ciri khas bulu-bulu tidak tipis serta halus. Untuk orang-orang menengah keatas malah banyak yang pelihara Kelinci Angora sebagai kelinci hias. Didunia terdapat banyak type kelinci Angora yang begitu populer yakni kelinci Angora peranakan Flemish Giant, Angora peranakan Satin, Angora Jerman, Angora Inggris, serta Angora Perancis.

Flemish Giant 


Type kelinci selanjutnya yakni Flemish Giant. Kelinci ini dapat meraih bobot 22 kg walau rata-rata Flemish Giant dewasa bobotnya cuma 15 kg. Untuk saat ini cukup susah temukan ras Flemish Giant asli. Di segi lain usaha peternakan kelinci type Flemish Giant sebagian besar cuma memakai ras hasil silangan yang akhirnya tidak sebesar ras aslinya.

Kelinci Flemish Giant memiliki ciri fisik badan yang panjang serta daun telinga lebar. Warna bulunya sendiri cukup bermacam seperti hitam, putih, abu-abu cerah, biru, hitam kecoklatan, abu-abu gelap, serta flawn (cokelat kekuningan). Kelinci ini dapat adalah satu diantara type kelinci pedaging yang dikembang-biakan karna menurut sebagian orang rasa dagingnya mempunyai citra rasa sendiri.

Masalah yang banyak dihadapi banyaknya orang yaitu kelinci flemish giant cedera di pergelangan kakinya karna tidak dapat menompang berat badan mereka yang besar.

Netherland Dwarf 


Seperti namanya yang bermakna Belanda Kerdil, type kelinci Netherland Dwarf ukurannya mungil serta pertumbuhannya begitu lambat. Konon type kelinci ini dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia serta dipelihara di perkebunan kolonial. Di banding beberapa jenis kelinci lain Netherland Dwarf sesungguhnya kurang pas untuk diternakkan, tetapi penyebarannya sendiri di Indonesia begitu rata.

Satin 


Ras kelinci Satin datang dari Amerika Serikat yang disebut type kelinci hias serta pedaging. Jumlah anak tiap-tiap kelahiran dapat meraih 7-10 ekor dengan bobot 4-5 kg saat meraih umur di atas 8 bln.. Type kelinci ini memiliki kuku serta ruas tulang kuat dengan bentuk badan panjang, kepala lebar dan lehernya pendek hingga posturnya tampak kuat. Kelinci Satin memiliki warna bulu bermacam mulai putih, hitam, coklat, kebiruan, gading, serta Californian (telinga, moncong, ekor, serta ujung kaki warnanya hitam sedang badannya berwarna putih).

Rex 


Didunia peternakan kelinci, ras kelinci Rex mungkin saja masih tetap terdengar baru. Rex yaitu kelinci dari Amerika Serikat yang dari dahulu di kenal sebagai kelinci hias. Ras Rex lebih pas diternakkan di ruang berhawa sejuk dengan suhu ideal 5-15 derajat celcius. Type kelinci Rex mempunyai bobot rata-rata 3, 6 kg serta memiliki bulu halus, kuat, serta tidak gampang rontok.

Angora giant 


Setelah itu adalah Kelinci Anggora Giant, ras ini terwujud dari hasil persilangan pada flemish giant dengan kelinci english angora yang membuat kelinci angora raksasa, berat rata-rata kelinci ini waktu dewasa yaitu 10kg lebih enteng dari kelinci Flemish namun karna bulunya yang lebat bikin kelinci ini tampak semakin besar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar